Jangan labil memilih BBM untuk kendaraan, Begini tips Eco Driving

13 Nov 2016

Bagi kita yang terbiasa berkendara sendiri apa sudah terpikir untuk mengikuti cara berkendara dengan semangat Eco Driving? saat membaca keyword “Eco Driving” pasti pertama kali yang terlintas di pikiran kita tentang Eco Driving adalah ramah lingkungan, ternyata pengertiannya tidak terbatas hanya program ramah lingkungan saja melainkan dengan memperbaiki perilaku pengemudi yaitu bagaimana berkendara cerdas sehingga bisa menjaga performa kendaraan, sehat bagi pengemudi, juga bagi lingkungan sekitarnya, bagaimana caranya?

Bpk. Sughendi perwakilan dari Nissan Collage (photo by Ani Berta)

Adapun edukasi yang dipaparkan saat menghadiri “Eco Driving: Mau ngga tekor? begini caranya” yang diselenggarakan oleh mobil123 di Surabaya tanggal 10 Nopember 2016 adalah sebagai berikut:

Menurut Bapak Sugihendi perwakilan dari Nissan College, ada 2 (dua) poin yang perlu dicatat dalam menerapkan Eco Driving, yaitu;

1. Persiapan sebelum berkendara

  • Gunakan bahan bakar sesuai nilai oktan yang disarankan, nilai oktan bahan bakar akan menentukan pembakaran yang sempurna. 

yang paling penting menjadi perhatian dalam hal ini adalah jangan menggunakan BBM Oplosan, jangan labil menggunakan jenis BBM karena akan merusak kinerja mesin, labil dalam arti gonta-ganti jenis BBM misalnya hari ini Premium, besok Pertamax, lusa Pertalite. dianjurkan jika diawal Premium maka gunakan Premium seterusnya, jika dari awal Pertamax maka gunakan Pertamax seterusnya. Intinya tentukan penggunaan jenis BBM di awal dan lanjutkan dengan satu jenis seterusnya.

  • Periksa tekanan angin ban secara visual sebelum berkendara, dan periksa tekanan dengan menggunakan alat ukur setidaknya sebulan sekali
  • Hindari muatan yang berlebihan
  • Service mobil secara berkala

2. Eco-Driving Skill

  • lakukan akselerasi/penekanan pedal gas secara perlahan (bertahap)
    hindari start dengan akselerasi tinggi, Akselerasi mendadak dapat mengakibatkan terjadinya konsumsi bahan bakar secara berlebihan
  • hindari membebani mesin atau putaran mesin berlebihan
  • Antisipasi terhadap kondisi lalu lintas untuk menghindari akselerasi dan deselerasi mendadak yang terus-menerus.
  • Jangan meletakkan kaki anda pada pedal kopling (transmisi manual) saat berkendara atau berkendara setengah kopling.
  • Pertahankan pada kecepatan yang cukup wajar di jalan tol
  • Hindari mesin idling (menyala dalam kondisi netral) terlalu lama
  • Aktifkan penyejuk udara (AC) dengan temperature tidak terlalu dingin atau matikan bila perlu
  • Tutup jendela pada kecepatan tinggi
  • Jangan bertindak agresif, santai saja dalam mengemudi alias jangan terburu-buru

Antusiasme Peserta menyimak tips Eco-Driving

Nah jika kita mengikuti tips-tips diatas dan menerapkannnya dengan disiplin, maka akan kita dapat banyak manfaatnya, apa saja?
tentunya yang paling utama dalam hal biaya karena akan menghemat bahan bakar dan biaya pemeliharaan kendaraan menjadi lebih rendah akibat dari performa mesin yang terjaga, ramah lingkungan, mengurangi stress, berkendara menjadi lebih bertanggung jawab, mengurangi resiko kecelakaan, dan masih banyak manfaat lainnya.

Berminat menerapkan Eco Driving ala Nissan dan mobil123.com? yukkkk berkendara dengan semangat Eco Driving mulai dari sekarang!!!

Pose bareng seluruh peserta & crew mobil123 (photo by Ani Berta)

 

~~~~~end~~~~~


TAGS ecodriving nissan otomotif mobil123


-

Profil Saya

Follow Me


Komentar