Mengenal Pesisir Surabaya, Kampung Nelayan Bulak

9 Apr 2016

Apa kabar teman-teman? Wah sudah berganti tahun dan ternyata lama juga ya saya tidak update blog dikarenakan kesibukan di tempat kerja baru yang semakin hari semakin meningkat dan untuk mengawali postingan di tahun 2016 ini kebetulan saya ingin mengulas tempat jalan-jalan di Surabaya selain tujuan-tujuan yang sudah populer selama ini seperti Tugu Pahlawan, Suramadu, dll. lalu apa sih kira-kira? tepatnya akan membahas wilayah pesisir Surabaya saat saya mengikuti blusukan kampung bareng Bu Risma, yukkkk langsung saja yah…

Kampung Nelayan Bulak

Jalan di Kampung Nelayan Bulak, SurabayaBerbeda dengan kota Surabaya yang terkenal sebagai kota bisnis atau kota dagang, ternyata Surabaya juga memiliki Kampung Nelayan Bulak, sebuah kampung yang terletak di pesisir Surabaya ini lokasinya tidak jauh dari jembatan Suramadu dan juga terletak di utara pantai Kenjeran, kampung nelayan yang berada dalam kecamatan Bulak ini mata pencaharian penduduknya rata-rata adalah sebagai Nelayan dan pengolah hasil laut, namun warganya sangat ramah menerima wisatawan sehingga kami yaitu saya dan teman-teman sangat senang bisa berinteraksi langsung ketika berkunjung kesana. 

Selain itu, kampung nelayan Bulak sebagai kampung wisata Surabaya kini lebih dikenal dengan sebutan Sunrise Of Bulak, wohoooo apa tuh? nanti saya bahas di postingan kedua ya.

 

Sentra Ikan Bulak

Interaksi warga dengan walikota Surabaya saat pembukaan acara Bulakfest2016Bagi penggemar makanan laut atau Seafood di Surabaya meski banyak kita jumpai warung maupun restoran yang menjual jenis makanan yang satu ini, tidak ada salahnya jika kita mencoba geser posisi sedikit ke kawasan pesisir Surabaya. Kawasan yang terkenal dengan gudangnya Lontong Kupang ini ternyata memiliki tempat strategis untuk bisa dikembangkan menjadi wisata kuliner yang “ciamik soro” namanya Sentra Ikan Bulak yaitu sebuah bangunan yang didirikan pemerintah kota Surabaya saat kepemimpinan Bu Risma diharapkan kedepan akan terus berkembang dan lebih ramai dari pasar lain di Surabaya, bedanya tentu saja posisi Sentra Ikan Bulak yang dekat dengan pantai lebih menguntungkan pengunjung karena selain jalan-jalan dan berbelanja kita juga disuguhi pemandangan laut Surabaya karena bangunannya menghadap pantai.

Sentra Ikan Bulak, pusat hasil olahan ikanBertepatan dengan diresmikannya BulakFest2016 tanggal 3 April 2016 oleh Tri Rismaharini atau biasa kita kenal dengan sebutan Bu Risma selaku Walikota Surabaya diharapkan menjadi titik kebangkitan Kampung Nelayan Bulak sebagai ikon baru tujuan wisata di Surabaya, seperti yang disampaikan Bu Risma dalam sambutannya bahwa Pedagang Ikan Asap diharapkan segera menempati bangunan SIB dan mengisi kekosongan disana untuk turut meramaikan BulakFest2016, sedangkan komentar senada juga disampaikan oleh Suprayitno Camat Bulak bahwa “Bu Risma sangat mendukung acara ini”, karena memang ketika saya datang kesana pedagang masih banyak yang belum berjualan tapi dengan diresmikannya BulakFest 2016 kemarin maka sekaligus menandai aktivitas di Sentra Ikan Bulak sudah bisa dilakukan, jadi tidak sabar nih kira-kira kedepan akan seperti apa ya aktivitas di gedung SIB ini.

Ternyata di gedung SIB ini pedagang tidak hanya menjual makanan ikan asap atau kerupuk saja, melainkan juga berbagai pernak-pernik khas hasil laut macam kerajinan yang terbuat dari kulit kerang, jadi ingat masa kecil dulu suka beli ke bapak tukang jual keliling mainan kura-kura dari kulit kerang dan sekarang baru tahu kalau di sini sentra penjualannya.

Rute Menuju Sentra Ikan Bulak

Sebagian warga Surabaya mungkin paham dimana lokasi SIB, tapi bagi sebagian yang lain seperti saya ini tentunya akan kesulitan menemukannya, nah begini kira-kira rutenya kalau dari Jl. Ir. Soekarno (Merr) arah Suramadu lurus saja sebelum jembatan Suramadu putar balik dilajur kanan setelah itu belok kiri masuk jalan Nambangan dan cari arah ke Bulak, rute lain paling mudah carilah petunjuk ke arah Kenjeran atau Pantai Ria Kenjeran sebab lokasinya tidak jauh dari Jalan Kenjeran, karena untuk saat ini rambu petunjuk yang mengarah ke Bulak memang masih minim, semoga ke depan sudah banyak rambu yang menuju ke kawasan ini.


TAGS Pesisir Surabaya human interest Sunrise of Bulak Bulakfest2016


-

Profil Saya

Follow Me


Komentar