Inovasi Program Ramah Lingkungan Bersama Sheraton Surabaya

19 Mar 2015

Menghabiskan waktu weekend dengan kegiatan bermanfaat merupakan salah satu hal yang menyenangkan bagi saya dan alhamdulillah pada tanggal 14 Maret 2015 saya mendapat kesempatan waktu bersantai mengelilingi Sheraton Surabaya Hotel & Towers untuk mengenal lebih dekat fasilitas dan program yang ditawarkan oleh hotel ini.

Earth Hour bareng Sheraton Surabaya

sambutan oleh GM Sheraton Surabaya

Sheraton Surabaya Hotel & Towers yang selanjutnya saya sebut Sheraton Surabaya merupakan group Starwood yang bermarkas di Amerika dan berdiri di Surabaya sejak 1995, hotel ini selalu saya lewati ketika melalui jalan raya Embong Malang dan bahkan ketika saat saya masih kecil dulu selalu takjub dengan bentuk bangunannya yang menjulang tinggi berdampingan dengan Tunjungan Plaza “TP” salah satu mall kebanggaan warga Surabaya. Sekilas tidak banyak berubah dari bentuk bangunannya yang megah sejak dulu hingga saat ini. Namun dibalik kemegahannya ternyata Sheraton Surabaya menyimpan sebuah komitmen yang patut diacungi jempol atas partisipasinya dalam memelihara lingkungan yang berkelanjutan dan berkomitmen dalam menjaga kelestarian bumi, beruntungnya saya mendapat kesempatan diundang pihak Sheraton Surabaya guna mengetahui secara langsung sejauh mana komitmen Sheraton Surabaya tersebut.

Menurut bapak Noviadi Suryadarma perwakilan dari pihak Sheraton Surabaya, hotel ini sudah berpartisipasi dalam kegiatanGo Green sejak tahun 2009 dan melakukan upaya-upaya pendekatan keberlanjutan lingkungan yang sudah diterapkan dalam manajemen, pemikiran akan pentingnya menjaga lingkungan dan melestarikan bumi muncul dikarenakan apa yang telah dialami Sheraton Surabaya pada masa itu yang akhirnya semakin sadar bahwa Sumber Daya Air yang ada sekarang ini sudah tidak melimpah dan semakin susah didapat, Biaya tinggi dalam penggunaan energi memaksa perlu dilakukannya penghematan energi atau peningkatan efisiensi sumber energi dan biaya, alasan lain tentu karena belum banyaknya hotel yang mengambil isu ini sehingga diharapkan menjadi tren baru kedepannya. Atas usahanya ini Sheraton Surabaya mendapat penghargaan Green Building Awareness Award 2014 dari Pemerintah Kota Surabaya.

Noviadi Suryadarma, MBA

Noviadi Suryadarma, MBA

Apa saja yang sudah dilakukan Sheraton Surabaya?

Dalam penerapannya Sheraton Surabaya Hotel & Towers melakukan pendekatan melalui 3 (tiga) kebijakan, yaitu:

Mengurangi Dampak Lingkungan, Sheraton Surabaya mengambil tindakan yang sudah dilakukan sejak tahun 2009 dengan cara mengurangi penggunaan Air hingga sebesar 20% dan mengurangi penggunaan Energi hingga sebesar 30% pada pencapaian target di tahun 2020.

Selain itu Sheraton Surabaya juga melakukan Manajemen Material dan Limbah dengan implementasi 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) yaitu Penggunaan bahan non CFC, menyediakan dan memilah sampah berdasar jenisnya (5 jenis sampah) termasuk manajemen limbah B3 yang berijin dan dilaporkan secara berkala ke Kementrian Lingkungan Hidup. Atas prestasi ini juga Sheraton Surabaya mendapat penghargaaan peringkat BIRU dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan periode 2013 - 2014.

Dalam Menciptakan Produk dan Pelayanan Ramah Lingkungan, Sheraton Surabaya dalam hal makanan menggunakan bahan organik dan tidak menawarkan makanan yang berbahan hewan-hewan yang dilindungi seperti menu ikan paus, menu sirip ikan hiu, dll, Sedangkan dalam pelayanan kamar Sheraton Surabaya mengajak tamu untuk turut berpartisipasi dalam menciptakan culture yang berkomitmen terhadap lingkungan.

Kaktus Hidup menghiasi ruangan Sheraton Surabaya

Kaktus Hidup menghiasi ruangan Sheraton Surabaya

E-poster, mengurangi dampak limbah sampah

E-poster, mengurangi dampak limbah sampah kertas

Produk dan Pelayanan Ramah Lingkungan Sheraton Surabaya

Dalam melakukan komitmen akan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan, Sheraton Surabaya menawarkan 3 (tiga) produk dalam pelayanannya:

1. Paket standard ABC, yaitu paket standard international yang dimiliki semua hotel dalam pelayanan kamar (Check-in, pembersihan, penggantian & pelayanan fasilitas/layanan dalam kamar).

2. Paket Make A Green Choice, Inovasi program layanan housekeeping ramah lingkungan (No Water, No Chemical, & Less Electricity) yaitu mengajak partisipasi tamu untuk tidak meminta layanan penggantian sprei, handuk, gelas, serta penggunaan vacum didalam kamar. Layanan ini berlaku pada tamu yang menginap min. 2 (dua) malam dan max. 3 (tiga) malam, dari program ini diharapkan terjadi pengurangan penggunaan air, energi (listrik), dan bahan kimia/detergent. Bagi tamu yang berpartisipasi akan mendapat poin SPG sebagai reward keikutsertaan.

3. Sustainable Meeting Practice, Inovasi program ini bertujuan untuk mengurangi dampak dari penyelenggaraan meeting (pertemuan) terhadap lingkungan, pada program ini tamu diajak berpartisipasi untuk tidak menggunakan linen pada meja & kursi meeting, tidak tersedianya tools kit meeting di setiap meja demi meminimalkan penggunaan yang berlebihan, dan tidak tersedianya gelas di setiap meja, namun semua kelengkapan tersebut tersedia dan terpusat di posisi belakang ruang meeting.

a8abe4004d52d70f6fe9bd46ae03ed3a_img_3672

Program SMP, Meeting Room tanpa Linen pada Meja & Kursi
ff3a0a4850d8190abac959afd49d10b0_img_3673

Tools kit bagi peserta program SMP

MaGC Card

MaGC Card

Saat itu saya dan teman-teman dengan dipandu mbak Dini merasakan langsung apa yang telah dilakukan Sheraton Surabaya dalam menjalankan komitmennya, diantaranya merasakan manfaat program SMP diruang Kahuripan pada pukul 10:00 wib yang mana bahwa meja dan kursi yang kami gunakan tidak menggunakan linen seperti apa yang sudah saya jelaskan tentang program SMP diatas, setelah itu kami berkeliling melihat fasilitas kamar yang menawarkan program Make a Green Choice, bukan hanya itu bahkan info yang saya terima bahwa bagi tamu yang melakukan pemesanan kamar type Club keatas maka bisa mendapat layanan Club Lounge Exclusive yang memiliki view menghadap Suramadu, keren bukan?

Sheraton Club Lounge

Lobby Sheraton Club Lounge

View Suramadu yang ditawarkan Club Lounge

View Suramadu yang ditawarkan di Club Lounge

Berikutnya tibalah waktunya makan siang, kami menikmati variasi menu yang tersedia setiap harinya di Kafe Bromo Sheraton Surabaya Hotel & Towers, diantaranya menu Indonesian Foods, Asian Foods, dan Western Foods. Di tempat ini merupakan sesi paling lama bagi kami karena banyak menu yang dihadirkan dan tempatnya juga nyaman untuk ngobrol apa saja bersama teman-teman sehingga kami sangat menikmatinya. Terima kasih Sheraton Surabaya!!!

Varian menu di kafe Bromo, Sheraton Surabaya

Varian menu di Cafe Bromo, Sheraton Surabaya

selain menu, kenyamanan Sofa di Cafe Bromo ini membuat kami enggan beranjak pulang

selain menu, kenyamanan Sofa di Cafe Bromo ini membuat kami enggan beranjak pulang

Aneka pilihan Salad di Cafe Bromo

Aneka pilihan Salad di Cafe Bromo

Pastrynya imut juga enak

imut dan juga enak, ngga tega mau makan ^_^

Crew Sheraton Surabaya

Crew Sheraton Surabaya

Postingan ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan olehSheraton Surabaya Hotel & Towers and Starwood


TAGS Sheraton earth hour lingkungan hotel travel


-

Profil Saya

Follow Me


Komentar